Eksperimen Sarang Tawon Berwarna Dengan Hasil Yang Mengejutkan

Tawon merupakan serangga terbang yang mudah dikenali tidak ramah karena suka menyengat dan warnanya yang mencolok pada beberapa spesies. Namun tidak semua tawon agresif, beberapa dari mereka ada yang jinak. Orang awam terkadang menyamakan antara tawon sebagai lebah.

Tahukah Anda jika ada tawon yang menyukai beragam spektrum warna? Bahkan kelompok tawon ini membuat sarang mereka berwarna-warni layaknya pelangi.Tawon umumnya memanfaatkan material yang terdapat di alam untuk membuat sarang karena tubuhnya tidak memiliki kelenjar penghasil bahan pembuat sarang semisal seperti kalenjar lilin yang terdapat pada lebah madu.

Perkenalkan inilah sarang tawon psikadelik yang membuat sarang mereka berwarna-warni, dikutip melalui situs thisiscolossal.com.

Sarang Tawon Warna Warni

Tawon-tawon ini merupakan produk percobaan yang dilakukan oleh Mattia Menchetti, seorang mahasiswa jurusan biologi di University of Florence, Italia.

Ia menyadari bahwa dengan memberikan pewarna yang berbeda-beda pada kertas yang digunakan oleh koloni tawon dari waktu ke waktu saat membuat sarang, akan membuat serangga tersebut membangun rumah kaleidoskop mereka dengan spektrum warna yang berwarna-warni.

Seperti yang Anda lihat hasil percobaan mahasiswa ini luar biasa bukan?

Sarang Tawon Percobaan

Meninggalkan kesan buruk pada tawon yang dikenal suka menyengat ini.

Walaupun percobaan ini disengaja, ada campur tangan manusia pada proses dimana koloni tawon ini membuat sarang, namun hasil yang didapatkan sangat mengejutkan. Pada tahun 2012 misalnya, peternak lebah di Perancis dibuat kagum setelah menemukan lebah ternak mereka dapat membuat madu berwarna hijau dan biru.

Alasannya adalah secara tak diduga-duga rupanya serangga ini menggunakan gula yang dikumpulkan dari cangkang cokelat M&M di dekat pabrik pengolahan limbah.
sumber : tribun.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar