Para Ortu Inilah 3 Cara Kreatif Untuk Mengatasi Bayi atau Anak Yang Masih Sering Mengompol

Meskipun terkesan memalukan, fenomena mengompol masih sering terjadi pada kalangan anak di masyarakat. Alasan mengompol sampai sekarng masih belum ada kepastian untuk penyebabnya. Mengompol bisa terjadi karena sang anak lupa belum buang air kecil pada siangnya atau bisa juga di sebabkan karena produksi urine yang tidak bisa ditampung oleh kantong kemih mereka. Kantong kemih yang terlalu aktif bisa juga menjadi salah satu penyebab anak mengompol saat tidur. Jika anak Bunda memiliki kantong kemih yang terlalu aktif, maka persiapkan dirinya untuk lebih sering buang air kecil.

Cara Mengatasi Ngompol

Inilah 3 cara untuk mengatasi anak yang masih cenderung sering mengompol :

1. Membuat tabel penghargaan
Bunda dapat meggunakan cara ini untuk mengatasi anak yang masih sering mengompol, yaitu dengan cara membuat tabel penghargaan untuk anak yang mengompol atau tidak pada malam harinya.

Buatlah tabel untuk mengisi harian anak yang mengompol atau tidak. Jika anak pada malam harinya tidak mengompol, berikan stiker dengan gambar smile (senyum) pada sang anak, dn suruh untuk menempelkan pada tabel yang telah di buatkan. Dan apabila sang anak pada malam harinya masih mengompol, berikanlah stiker dengan gambar cemberut pada sang anak, dan suruh untuk menempelkannya.

Tapi, jangn sekali kali memberikan hukuman kepada anak ketika dia masih mengompol pada malam hari. Karena, memberikan hukuman tidak memotivasi anak tetapi justru membuat anak menjadi tertekan.

2. Menjadi teman ke toilet
Jika anak terbangun pada malam hari, dan bunda atau ayah tau, biasakanlah untuk mengajak anak ke kamar mandi untuk buang air kecil. Memang harus orang tua harus sabar untuk membiasakan anak buang air kecil sendiri. Sebelum tidur biasakan mengantar anak untuk pergi ke kamar mandi.

3. Menghadiahi anak alarm buang air kencing
memberikan alarm kencing merupakan salah satu cara yang dianggap efektif dalam mengatasi kebiasaan mengompol untuk jangka panjang. Alarm ini akan menyala saat anak pipis karena memiliki sensor kelembapan atau sensor basah. Sensor alarm ini bisa ditempelkan langsung di piyama atau baju tidur anak sehingga akan menyala saat anak mengompol. Dengan menyalanya alarm, maka anak akan terbangun dan segera pergi ke toilet.

Nah, sekarang sudah tau kan cara untuk mengatasi anak yang sering mengomol. Segeralah untuk membiasakan anak agar tidak mengompol saat tidur. Kesabaran bunda dan ayah dalam mengatasi masalah ini menjadi kunci utama.
sumber:wajibbaca.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar