6 Manfaat Buah Kersen Si Buah Liar Untuk Kesehatan Mulai dari Penyakit Kanker Asam Urat Hingga Rematik

Walaupun sering dianggap sebagai tanaman dan buah liar, ternyata kersen mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya di dalam buah kersen terdapat kandungan nutrisi berupa kadar air, serat, vitamin A, vitamin C, batakaroten, riboflavin, niacin, tianin, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, abu, zat besi, flavonoid.

Selain itu, buah kersen juga mempunyai sifat anti-kanker, anti-septik dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menyepelekan buah kersen sebelum mengetahui sejumlah manfaat yang dimilikinya. Karena inilah beberapa manfaat yang ada pada buah kersen.

Buah Kersen

1. Mengobati Penyakit Asam Urat
Buah kersen mempunyai kandungan senyawa dan zat-zat aktif yang dapat digunakan mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi secara teratur.

2. Meringankan Kram Perut
Sifat anti-septik dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah ini dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati kram perut.

3. Mencegah Penyakit Kanker
Berkat sifat anti-kanker yang dimiliki oleh buah kersen sudah dapat dipastikan bahwa buah ini juga mempunyai kemampuan untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan flavonoid di dalamnya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.

5. Menyehatkan Organ Pencernaan
Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga tubuh dapat terhindari dari masalah gangguan pencernaan.

6. Meredakan Nyeri Rematik
Berkat adanya sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang dimiliki oleh buah kersen dapat digunakan untuk meredakan nyeri rematik dan rasa nyeri pada bagian tubuh lainnya, seperti nyeri otot, nyeri pada bagian persendian hingga nyeri haid.

Manfaat Buah Kersen

Itulah sejumlah manfaat yang dimiliki oleh buah kersen, setelah mengetahuinya jangan menyepelekan buah yang dianggap liar ini. Pohon buah ini biasanya banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan, namun sebaiknya singkirkan pohon kersen yang tumbuh di dekat bangunan. Sebab, pohon kersen mempunyai akar yang sangat kuat dan dapat merusak pondasi bangunan dan semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber:wajibbaca.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar