Jenis Karakter-karakter Anak yang Perlu Diketahui oleh Para Orang Tua Agar Mudah Mendidiknya

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan orang tua perlu mengetahui seperti apa karakter buah hatinya agar mereka dapat lebih memahami si kecil. Namun, tak sedikit pula orang tua yang sulit dalam memahami karakter dan watak dari anak-anaknya sendiri.

Pada usia 4-5 bulan, anak sudah memperlihatkan karakter dasar dirinya. Namun saat usianya semakin besar, ia mengembangkan karakter dasar tersebut menjadi lebih kuat.

Mengenal Karakter Anak

Kenali karakter anak agar Anda lebih memahami mereka dan tahu cara mengatasi sikapnya.

Pemalu atau penakut
Menempel pada orangtua dan sering gelisah. Tidak usah memaksakan ia untuk berhubungan dengan orang lain (namun juga jangan terlalu dilindungi). Tetaplah mengantar jemputnya dan tidak ditunggui di sekolah, dan batasi tamu yang datang saat Anda mengadakan acara ulang tahun untuknya.

Anak Pemalu atau Penakut

Jika Anda memiliki anak dengan karakter seperti ini, mungkin Anda bisa membantu mereka untuk mengembangkan rasa percaya dirinya dengan cara mengajarkan cara bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, mengikutkan berbagai kegiatan positif yang dapat membangun karakternya agar tidak lagi menjadi pemalu atau penakut.

Pemarah
Keras kepala, sering menangis saat gagal melakukan sesuatu. Biarkan ia bergaul dengan teman-temannya dan belajar mengatur emosinya. Lama kelamaan ia juga akan terbiasa. Carilah kegiatan yang dapat melatih mereka untuk lebih bersabar, dan beri pengertian dan pendekatan khusus kepada mereka saat emosinya sedang meledak-ledak. Serta, jangan lupa memeluk mereka untuk meredam emosinya, bukan malah meninggalkannya, karena itu justru akan membuat mereka semakin marah dan tak terkendali.

Karakter Anak Pemarah

Sensitif
Rewel dan mudah tersinggung. Solusinya adalah dengan memberi pengertian kepada mereka agar tidak mudah mencerna segala sesuatunya secara mentah-mentah dan memasukkannya ke dalam hati. Latih mereka agar lebih sabar dan berpikiran positif agar tidak mudah tersinggung.

Karakter Anak Sensitif

Happy-go-lucky
Pembawaan yang menyenangkan, mudah tersenyum. Anggaplah diri Anda beruntung jika memiliki anak berkarakter ini. Ia laksana malaikat dan tidak membutuhkan cara khusus untuk mengasuhnya. Anak dengan karakter ini juga mudah untuk membawa diri dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Mereka juga biasanya banyak memiliki teman dan disukai banyak orang.

Anak Ceria

Aktif
Tidak bisa diam dan selalu siap untuk berlari. Dalam perjalanan panjang, berhentilah beberapa kali agar ia bisa berlarian untuk sementara waktu. Berikan permainan yang dapat menyerap energinya seperti bola atau sepeda. Serta arahkan mereka pada kegiatan-kegiatan positif, seperti membantu bersih-bersih rumah, merapikan tempat tidurnya, atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya.

Karakter Anak Aktif

Itulah beberapa karakter anak yang perlu diketahui oleh para orang tua agar dapat lebih memahami anak-anak mereka dan mampu menemukan solusi saat anak menghadapi masalah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.
Sumber : Parenting
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar