Uniknya Wanita ini Hidup 2 Tahun Tanpa Menghasilkan Sampah, Bagaimana Bisa? Mari Simak Kehidupannya

Lauren Singer memiliki kisah yang menginspirasi dan dia sangat bersemangat membagi tips dan kisahnya. Dia berhasil menjalani hidup selama 2 tahun tanpa menghasilkan sampah, ceritanya tidak akan kamu duga.

Pertama kamu akan berpikir mungkin dia adalah "hippie" atau "treehugger" yang tidak menjalani hidup yang normal, ketika kamu membaca kisah hidupnya kamu akan tahu jika kamu juga bisa melakukannya. Yang diperlukan hanya sedikit disiplin diri dan merubah beberapa kebiasaanmu sehari-hari.

wanita hidup tanpa sampah

Semangatnya untuk peduli terhadap lingkungan berawal ketika dia membuka kulkasnya dan melihat setiap makanan yang di dalamnya dibungkus berbagai kemasan sekali pakai. Sedangkan dia waktu itu merasa dia adalah gadis yang peduli lingkungan, mendadak dia merasa dirinya adalah seorang munafik karena dia sendiri menjalani hidup yang menurutnya tidak ramah lingkungan sama sekali. Saat itu juga dia memilih untuk menyingkirkan sampah plastik dari hidupnya.

Di bawah ini dia berbagi bagaimana perubahan dari seorang konsumen biasa menjadi seorang konsumen yang tidak menghasilkan sampah. Gunakan kisah hidup dia, dan coba pikirkan jika kamu bisa melakukan hal yang sama.
Menuju hidup tanpa sampah.

"bagaimana cara merubah tanpa plastik ke tanpa sampah?"

pertama, aku berhenti membeli produk yang sudah dalam kemasan dan memulai membawa kotak makanan dan toples untuk diisi dengan makanan segar / mentah yang aku beli di pasar atau supermarket. Aku berhenti membeli baju baru dan hanya membeli barang bekas. Aku memulai membuat sendiri produk kecantikan yang aku butuhkan untuk keperluan sehari-hari. Aku mulai menjual, menyumbangkan, dan memberikan barang milikku yang menurutku tidak berguna, 10 celana jeans yang tidak pernah aku pakai, peralatan makan yang tidak terpakai, barang dekorasi yang hanya menjadi hiasan tanpa arti..

Hidup Tanpa Sampah

Singkat kata, aku memulai menghindari situasi yang bisa menghasilkan sampah, tidak menggunakan sedotan ketika minum di restoran, tidak menggunakan tas plastik yang tersedia di supermarket, menolak tanda terima di supermarket.

Tentu saja perubahan ini tidak terjadi dalam 1 malam.
Proses perubahan ini memakan waktu lebih dari 1 tahun dan memerlukan usaha yang keras. Masa yang paling sulit adalah ketika aku melihat diriku sendiri, seorang mahasiswi yang mempelajari lingkungan, mempelajari keseimbangan alam, dan menyadari aku melakukan hal-hal yang aku pelajari itu.

Aku menyadari jika aku peduli pada banyak hal, aku harus menunjukkan kepedulianku itu. Ketika aku menanamkan itu, aku berhasil merubah diriku dan sejak itu hidupku menjadi lebih baik setiap harinya.

Berikut perubahan positif yang terjadi pada hidupku ketika aku hidup tanpa sampah :

1. Aku menghemat uang
Sekarang setiap hendak berbelanja, aku selalu membuat daftar belanjaan dan itu sangat membantu. Hal ini menghilangkan potensi untuk pembelian barang yang secara spontan. Dan ketika aku berbelanja barang / pakaian bekas yang tentunya masih layak dan bagus, harganya tentu sangat jauh ketika membeli barang baru walaupun sudah mendapat diskon.

2. Aku makan lebih baik / sehat
Sejak aku membeli makanan segar / mentah tanpa kemasan, pilihan makanan yang tidak sehat menjadi terbatas. Bahkan aku makan buah dan sayur organik, karena buah dan sayur yang dijual tanpa kemasan adalah musiman di mana tentunya lebih sehat daripada yang dalam kemasan.

3. Aku lebih bahagia dari sebelumnya
Sebelumnya, aku selalu di supermarket sampai malam, bingung hendak beli apa, makan di luar karena tidak ada makanan, selalu berbelanja obat cuci muka, krim, pembersih dan aku banyak memiliki banyak merek namun tidak semua terpakai.

Sekarang setiap minggunya aku hanya pergi 1 kali ke toko untuk membeli semua yang aku butuhkan saja. Tidak hanya untuk makanan, namun juga untuk produk kecantikan, aku bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang simpel. Tidak hanya lebih mudah dan mengurangi stress, ini juga lebih sehat (tidak ada bahan kimia)

Aku tidak pernah menyangka jika aktivitas yang tidak menghasilkan sampah ini akan menaikkan kualitas hidupku. Aku hanya mengira ini hanya berhubungan dengan sampah saja.

Sungguh menarik bukan? Apakah anda juga ingin melakukan hal yang sedemikian rupa? Banyak hal positif saat kita hidup tanpa sampah. Serta hidup kita terasa nyaman, damai dan tentram. Semoga kisah gadis tersebut dapat menginspirasi kita.
(Sumber: keepo.me)
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar