Tips Ampuh Untuk Meredam Emosi Negatif Dalam Masa Kehamilan

Emosi negatif yang ada dalam pikiran kita hanya akan meracuni hidup kita sendiri. Namun sayangnya, emosi yang campur aduk yang terkadang datang tanpa sebab yang jelas ini cukup sering mendera seorang ibu hamil. Padahal emosi negatif ini dapat membuat ibu hamil menjadi stres, dan bahayanya bisa mempengaruhi janin dalam kandungan.

Menjaga Emosi Saat Hamil

Dikutip dari parenting.co.id, berikut 2 hal yang bisa dilakukan untuk meredam emosi negatif semasa kehamilan.

Stay Positive

Penting sekali mem-booster mood Anda dengan berbagai cara, seperti membaca buku yang bisa membuat Anda merasa lebih rileks, melakukan meditasi, menekuni hobi, atau melakukan kegiatan menyenangkan apapun selama bisa membuat Anda tetap gembira dan positif! Tak jarang, aneka kekhawatiran atau ketakutan yang tak beralasan membuat Anda merasa galau. Bila ini terjadi, berbagilah dengan suami, ibu, atau sahabat-sahabat agar Anda merasa lebih lega. Tapi ingat lho, pilih lingkungan yang akan membuat Anda merasa dikelilingi oleh orang-orang yang positif sehingga semangat positif mereka ikut menular pula pada Anda. Mereka yang cenderung sinis atau memandang berbagai hal dalam hidup ini dari sisi yang negatif bisa membuat mood Anda turun dan ikut  menjadi bete.

Mengelola Stres

Banyak hal dengan mudah bisa membuat Anda merasa stres. Pekerjaan kantor yang tak kunjung selesai, atasan yang sangat menuntut, hubungan dengan teman yang sedang tidak harmonis, kondisi keuangan yang sedang menurun, hingga masalah di keluarga besar yang ikut bikin pusing kepala. Dengan tubuh yang sedang berubah, Anda cenderung lebih sensitif sehingga hal-hal itu dengan mudah membuat emosi Anda tersulut atau memicu stres. Tarik napas dalam-dalam. Sadari bahwa stres hanya akan berdampak negatif bagi tubuh Anda, membuat tekanan darah meningkat, dan dalam keadaan parah bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Stres yang tinggi atau berlebihan bisa mengekspos janin dengan kadar hormon stres yang tidak sehat. Apa akibatnya? Bisa memengaruhi perkembangan otaknya. Untuk itu, cermati kembali semua penyebab stres, lalu pilah mana yang harus segera diatasi, mana yang tidak perlu dipikirkan, atau mana yang bisa ditunda dulu. Pastikan agar semua itu bisa Anda lakukan tanpa mengambil waktu-waktu yang Anda perlukan untuk diri sendiri, baik untuk bersantai, memanjakan diri, atau bersosialisasi.

Itulah tips dan solusi untuk para ibu hamil yang sering didera emosi negatif yang sering datang tiba-tiba tanpa sebab dan alasan yang jelas. Semoga dengan mengetahui cara meredam emosi negatif ini, ibu dan bayi dapat selalu sehat hingga proses persalinan. Informasi ini dapat menjadi pelajaran bagi Anda yang sedang hamil, tapi bukan berarti yang belum hamil tidak mempelajarinya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar