Merasakan Kepanasan atau Kedinginan Pada Tubuh? Inilah Penyebabnya

Apakah kamu pernah merasa kedinginan atau kepanasan secara tiba tiba? Jika pernah pasti ada suatu alasan kenapa kamu mengalaminya. Mungkin ada yang bilang kalau tingkahmu itu aneh atau terlalu alay. Padahal itu adalah hal yang alamiah terjadi pada diri kamu.

Akan tetapi faktor cuaca juga dapat mempengaruhi itu semua. Dibalik faktor cuaca, ternyata ada juga faktor lainnya yang dapat membuat kamu merasakan kedinginan ataupun kepanasan secara berlebihan. Mungkin dengan mengeluh tidak akan merubah apapun, tetapi kamu dapat menambah pengetahuan dengan megetahui penyebab terjadinya hal ini. Apa saja ya penyebabnya?

Penyebab Badan Panas Dingin

1. Hypothalamus
Hypothalamus adalah salah satu bagian dari otak yang memproduksi hormon untuk mengatur temperatur tubuh. Hormon yang ada pada diri manusia berbeda-beda. Mungkin karena hormon ini kamu dapat merasakan kedinginan ataupun kepanasan dengan berlebihan.

2. Tingkatan stres
Saat tubuh kamu merasakan kepanasan, mungkin saja kamu mengalami stres. Ya, saat kamu merasakan stres tentunya aliran darah dalam tubuh kamu akan terus naik. Sehingga dengan naiknya aliran darah kamu ini akan membuat kamu merasa kepanasan loh.

3. Faktor psikologi
Faktor utama yang paling sering muncul adalah faktor psikologi orang itu sendiri. Pikiran seseorang ternyata mampu mengendalikan perasaan dibalik orang tersebut. Terkadang seseorang akan merasakan hal yang ada di dalam pikirannya. Biasanya jika ada seseorang yang berpikir ini terlalu dingin maka orang itu akan merasa sangat kedinginan. Padahal hawa atau suhu dinginnya tidak begitu dingin.

Nah, itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dingin atau panas yang berlebihan terhadap diri kamu. Semoga dengan artikel ini, wawasan kamu dapat bertambah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel bermanfaat lainnya:
Facebook CommentsShowHide

0 komentar