Manfaat Minum Asam Jawa Bagi Wanita Yang Sedang Kedatangan Tamu Bulanan atau Haid

Asam jawa adalah salah satu tanaman yang buahnya banyak di gunakan untuk campuran bahan masakan dan juga ramuan tradisional, berikut ini Manfaat Minum Asam Jawa Bagi Wanita Yang Sedang Kedatangan Tamu Bulanan atau Haid.

Bagi para wanita mungkin sangat sering mengalami yang namanya menstruasi alias datang bulan tak lancar, seperti seharusnya sudah waktunya, namun ternyata tidak keluar sama sekali. Lain lagi kasusnya saat menstruasi begitu lancar, namun nyerilah yang harus dirasakan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Apapun masalah haid yang Anda kerap temui dan alami, rasakan segala manfaat asam jawa saat haid baik sebelum maupun pada masa datang bulan.

Manfaat Asam Jawa Untuk Haid

Asam Jawa Melancarkan Datang Bulan


Asam jawa memang dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memberi rasa asam, namun rupanya asam jawa tidak hanya segar dikonsumsi, tapi juga memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Para wanita yang selalu kesal karena datang bulan tidak lancar boleh mempertimbangkan menggunakan asam jawa sebagai solusi. Asam jawa dapat menjadi bahan utama air asam yang bisa diminum untuk mencegah datang bulan tidak lancar.

Minuman air asam pada dasarnya dikenal sebagai ramuan alami turun-temurun yang sangat efektif dalam membuat datang bulan lebih lancar. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh asam jawa sebagai solusi gangguan kesehatan dan salah satunya adalah ketidaklancaran datang bulan. Sebelum tanggal datang bulan tiba, cobalah untuk meminum air asam yang terbilang sangat mudah untuk dibuat di rumah.

Caranya : Siapkan asam jawa secukupnya dan rendamlah di dalam air hangat. Tambahkan gula 1 sendok makan saja dan garam sedikit saja sebelum kemudian Anda dapat mencampurkan semua itu. Proses perendaman harus dilakukan sekitar 1 jam. Setelah itu barulah ramuan bisa diminum dan pastikan Anda meminumnya secara rutin sehari 2 kali. Untuk kelancaran periode datang bulan, ramuan air asam adalah salah satu solusi terbaik untuk dicoba.

Asam Jawa Mengatasi Nyeri saat Haid


Nyeri yang terjadi ketika seorang wanita datang bulan adalah karena terjadinya kontraksi halus yang terjadi di otot dinding rahim yang umumnya memang tidaklah terasa di hari biasa (bukan di hari datang bulan). Ketika masa datang bulan tiba, kontraksi akan terjadi lebih kuat dari biasanya karena hal ini merupakan bagian dari dinding rahim yang mengalami peluruhan. Pembuluh darah yang ada di sekitar rahim pun otomatis akan tertekan oleh adanya kontraksi.

Asam Jawa Mengatasi Nyeri Haid

Dengan begitu, suplai oksigen dan darah ke rahim pun akan putus. Inilah yang membuat rasa nyeri tercipta, yaitu dari bahan kimia yang dilepaskan oleh jaringan rahim diakibatkan ketiadaan oksigen. Semakin hebatnya rasa nyeri terjadi karena prostaglandin (bahan kimia yang dikeluarkan tubuh) dan menyebabkan kontraksi berkelanjutan pada otot rahim. Jika nyeri terasa sangat luar biasa, maka itu artinya prostaglandin yang diproduksi oleh sebagian wanita jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan wanita yang tidak begitu merasakan nyeri.

Biasanya, wanita yang merasakan nyeri pada waktu datang bulan karena mengonsumsi alkohol, memiliki kebiasaan merokok, mengalami lebih banyak volume haid serta kelebihan berat badan. Apapun yang menjadi penyebabnya, dengan asam jawa, nyeri saat datang bulan akan dapat diatasi secara alami dan ada 2 cara yang Anda boleh coba buat di rumah.

Cara pertama : Siapkan asam jawa setengah jari saja bersama dengan gula aren seperlunya dan temulawak 10 iris. Semua bahan ini kemudian bisa direbus dengan 1 gelas air sampai bersisa setengah gelas. Selanjutnya, air dapat disaring dan diminum. Sebelum haid datang, minumlah ramuan ini selama 1 minggu setiap harinya.

Cara kedua : Gunakan daun asam jawa yang Anda bisa ambil segenggam saja banyaknya dan pastikan daunnya pun masih muda. Jangan ketinggalan kunyit 2 jari rimpang juga yang kemudian kedua bahan dapat ditumbuk sampai halus. Tuang 1 gelas air matang ke atas tumbukan kunyit dan daun asam jawa, saringlah dan airnya bisa diminum.

Asam Jawa Menghilangkan Bau Anyir saat Datang Bulan


Para wanita tentu setuju bahwa ketika datang bulan, muncul juga bau-bau anyir yang membuat Anda tidak nyaman. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah jika Anda mengandalkan asam jawa. Bahan alami satu ini akan mampu menghilangkan bau anyir asalkan Anda mengonsumsinya selama masa datang bulan setiap hari.

Caranya : Siapkan asam jawa yang besarnya seibu jari orang dewasa berikut temulawak 10 iris, serta gula aren yang sudah diiris secukupnya saja. Semua bahan ini perlu diseduh menggunakan air panas sebanyak 1 gelas. Campurkan dengan mengaduknya sampai rata dan pastikan juga bahwa gula aren pun telah larut. Bila sudah jadi, airnya bisa disaring dan diminum langsung.

Asam Jawa Mengencerkan Penggumpalan Darah Haid


Sebagian wanita pasti pernah mengalami di mana darah haid kelihatan menggumpal dan jauh dari encer. Dan asam jawa sangat berguna dalam membuatnya encer. Terkadang rasa nyeri yang dirasakan sewaktu datang bulan bisa disebabkan oleh penggumpalan darah, maka asam jawalah jawaban untuk dapat mengencerkannya agar rasa nyeri pun tidak timbul. Obat haid berkandungan asam jawa sangat mudah ditemukan di supermarket, entah itu berupa permen atau minuman.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Wanita semoga bermanfaat bagi para sista sekalian, bantu kami dengan membagikan tulisan ini pada yang lain agar mereka juga mengetahuinya, terimakasih.

Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya tentang:
Manfaat Jeruk Sunkist Untuk Kesehatan
Cara Alami Mengobati Sakit Gigi
Ramuan Obat Asma dan Bronkitis

manfaat.co.id

Facebook CommentsShowHide

0 komentar