Jagalah Kesehatan Ginjalmu Dengan Merubah 12 Kebiasaan Buruk Ini, Atau Kau Akan Menyesal Selamanya

Ginjal merupakan salah satu organ penting tubuh yang memiliki fungsi untuk menyaring darah dan racun yang ada di dalam tubuh. Ginjal juga memproduksi beberapa jenis hormon yang akan membantu Anda untuk menyerap beberapa jenis mineral penting. Tanpanya, kesehatan tubuh Anda pastilah terganggu.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Baca juga : Cara Mengetahuinya Penyakit Ginjal Sejak Dini

Itulah sebabnya Anda harus mewaspadai beberapa kebiasaan yang mampu mengganggu kesehatan ginjal. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah kebiasaan perusak kesehatan ginjal.

Alkohol
Tahukah Anda bahwa minum minuman beralkohol mampu merusak ginjal? Hal ini disebabkan karena ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyaring racun di minuman beralkohol. Oleh sebab itu, ketika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus maka ginjal Anda dapat rusak.

Merokok
Salah satu kebiasaan yang merusak ginjal adalah merokok. Sebab rokok akan mempengaruhi kesehatan pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah ke berbagai macam organ penting tubuh.

Soda
Selain minuman beralkohol, soda juga cenderung merusak kesehatan ginjal. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa soda akan membuat urin Anda mengandung protein yang menjadi perusak kesehatan ginjal.

Stres di kandung kemih
Stres di kandung kemih biasanya terjadi ketika Anda sering menunda buang air kecil. Stres ini juga akan memberikan tekanan tidak sehat pada ginjal. Oleh karena itu jangan tunda keinginan Anda untuk buang air kecil.

Kurang minum
Air minum penting untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sebab ketika racun menumpuk dalam darah, maka akan menyakiti ginjal.

Jarang berolahraga
Kurangnya frekuensi berolahraga juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Sebab saat Anda jarang berolahraga maka organ tubuh tidak teregenerasi dengan baik serta membuat berat badan meningkat yang akhirnya mampu merusak kesehatan ginjal.

Kurang tidur
Saat tidur, maka organ tubuh pun beristirahat dengan baik. Sehingga bayangkan jika Anda kurang tidur, maka ginjal akan bekerja terus-menerus dan akhirnya kemampuannya menurun.

Kekurangan vitamin
Kekurangan vitamin, terutama vitamin B6 akan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Sehingga pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi setiap hari untuk kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

Mengonsumsi banyak garam
Tingginya jumlah natrium dalam darah mampu mengganggu kesehatan ginjal Anda. Oleh karena itu pangkas konsumsi garam melalui konsumsi makanan sehat.

Kafein berlebih
Kafein memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun terlalu banyak kafein juga mampu merusak ginjal. Sebab kafein akan mempengaruhi tekanan darah yang berdampak langsung pada kesehatan ginjal Anda.

Minum obat-obatan tertentu
Beberapa jenis obat-obatan tertentu mampu mempengaruhi kesehatan ginjal. Sebab ginjal harus berjuang keras untuk menyaring bahan kimia di dalamnya.

Mengonsumsi protein berlebihan
Protein penting untuk pembentukan organ tubuh. Namun jika terlalu banyak maka harus membuat ginjal bekerja keras untuk mencernanya dan jika tercerna tidak sempurna maka akan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Itulah beberapa kebiasaan yang mampu mempengaruhi kesehatan ginjal. Oleh karena itu ketika Anda ingin mempunyai ginjal yang sehat, maka sebisa mungkin jauhi kebiasaan buruk tersebut.
Sumber: merdeka.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar