WASPADALAH 7 Jenis Makanan Berikut Sebaiknya Jangan Dipanaskan Ulang!

Biasanya kalau masih ada makanan sisa, kita akan memanasinya lagi supaya bisa dikonsumsi untuk keesokan harinya lagi. Apalagi jika makanan itu makanan favorit kita, wah bakal sayang sekali rasanya jika makanan sisa yang ada langsung dibuang begitu saja. Tapi kita juga harus lebih hati-hati dan jeli lagi, Ladies. Tak semua jenis makanan aman untuk dipanaskan ulang.

Makanan Yang Tidak Boleh Di Panaskan

Seperti yang dilansir dari prohealthytips.com, ada tujuh jenis makanan yang sebaiknya tak dipanaskan ulang. Kenapa? Karena jika dipanaskan ulang, makanan-makanan ini bisa jadi racun dan jelas tak baik untuk tubuh. Selengkapnya, langsung saja ikuti infonya di sini.

1.Bayam
Sayur bayam jangan dipanaskan ulang. Bayam yang sudah dimasak sekali harus segera dikonsumsi. Alasannya adalah jika bayam dipanaskan, kandungan nitrat di dalamnya akan berubah jadi nitrit dan bisa membuat bayam bersifat karsinogenik untuk tubuh.

2.Seledri
Seperti bayam, kandungan nitrat dalam seledri bisa berubah jadi nitrat bila dipanaskan ulang. Kalau membuat sup yang diberi seledri, ambil dulu seledrinya jika ingin memanaskan ulang supnya. Hal ini juga berlaku pada wortel.

3.Buah Bit
Buah bit juga mengandung nitrat. Jika dipanaskan ulang, maka kandungannya bisa berbahaya jika dikonsumsi tubuh.

4.Kentang
Kentang memang mengandung banyak manfaat yang baik jika dikonsumsi. Hanya saja jika kentang yang kita makan sudah melewati proses dipanaskan atau dihangatkan ulang, kandungannya bisa berbahaya untuk tubuh.

5.Telur
Memanaskan ulang telur rebus atau telur goreng bisa membuatnya bersifat letal (dapat mengakibatkan kematian) dan risikonya bisa cukup berbahaya untuk tubuh jika kita mengonsumsinya.

6.Daging Ayam
Daging ayam sebaiknya dikonsumsi langsung setelah dimasak. Kalau dipanaskan ulang, struktur proteinnya bisa berubah dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Tapi kalau terpaksa ingin menghangatkannya, gunakan suhu rendah untuk memanaskannya

7.Jamur
Jamur sebaiknya langsung dikonsumsi setelah dimasak. Kalau mau mengonsumsinya keesokan harinya, baiknya dikonsumsi dingin saja tak perlu dipanaskan ulang. Mengonsumsi jamur yang dipanaskan ulang sangat berisiko untuk tubuhmu karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan hingga masalah jantung.

Ladies, mulai dari sekarang penting untuk lebih berhati-hati lagi dalam memanaskan atau menghangatkan ulang makanan sisa yang kita punya. Jangan sampai kita ceroboh memanaskan semuanya dan membuat kita berisiko terkena berbagai macam gangguan kesehatan.
sumber :Vemale.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar