Taukah Anda Kalau Ke 5 Penyakit Ini Dapat Menyebabkan Penderitanya Mengalami Kebodohan?

Banyak yang menganggap kebodohan seseorang disebabkan karena orang tersebut malas untuk belajar atau mencari ilmu. Ada juga yang mengatakan itu karena faktor keturunan atau bawaan dari lahir. Namun, ternyata penyakit yang diderita seseorang juga bisa mempengaruhi kecerdasan intelektual orang tersebut.

Menjadi Bodoh Karena Penyakit

Telah ditemukan sejumlah penyakit yang bisa menurunkan IQ atau kecerdasan melalui sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PlosOne belum lama ini. Penyakita apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini :

1. Infeksi
Para peneliti dari Aarhus University di Denmark menemukan bahwa orang yang mengalami infeksi menular seperti influenza berisiko mengalami penurunan kemampuan otak. Kebodohan ini terjadi seiring dengan menurunnya kekebalan tubuh, sehingga mengubah cara sel-sel berkomunikasi dengan otak.

2. Kanker
Kanker sendiri sebenarnya tidak secara langsung menurunkan IQ Anda. Namun pengobatannya seperti kemoterapi bisa menurunkan kecerdasan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology melaporkan, pengobatan kemoterapi seperti siklofosfamid, metotreksat, dan fluorouracil (CMF) menyebabkan penurunan kinerja kognitif.

Seperti pada kasus kanker payudara, para peneliti menemukan, wanita yang melakukan kemoterapi memiliki hasil yang buruk pada tes kognitif, termasuk kemampuan berpikir. Hal ini tidak dialami mereka yang tidak pernah menjalani kemoterapi.

3. Gegar otak
Gegar otak atau cedera otak jelas bertampak negative pada otak. Sebuah penelitian baru dari Jurnal Radiologi bahkan menuliskan, benjolan di kepala saja bisa mengganggu kinerja seseorang, terutama wanita. Perempuan lebih rentan terhadap cedera otak daripada pria dan paling sulit untuk disembuhkan.

4. Insomnia
Setelah melakukan penelitian, para peneliti percaya bahwa saat seseorang mengalami sulit tidur atau insomnia, protein menjadi pelindung neuron, sirtuin 3 (SirT3) berkurang.

5. Penyakit Lyme
Penyakit Lyme adalah penyakit yang ditularkan oleh kutu dan tikus. Penyakit ini ternyata juga bisa berbahaya bagi manusia. Bukan hanya menyebabkan ruam, penyakit Lyme ini juga dapat menurunkan kecerdasan seseorang.

Presiden Asosiasi Lyme, Leo Shea, PhD mengatakan, kelelahan ekstrem yang disebabkan oleh kutu dan tikus ini juga menyebabkan nyeri otot dan sendi. Selain itu fungsi otak juga akan terganggu. Penyakit ini juga bisa menyebabkan masalah konsentrasi masalah, memori, hingga ketidakmampuan untuk multitasking.
sumber:wajibbaca.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar