Kepikiran Ga Sih? Kalau Patung Pria Yunani Kuno Selalu T3lanj4ng? Ini Dia Alasannya

Tidak banyak disadari memang, namun kebanyakan patung pria Yunani kuno, termasuk dewa dan dewi-nya, kerap terlihat t3lanj4ng. Nah, kini ilmuwan berhasil mengungkap alasan mengapa orang Yunani kuno gemar membuat patung pria t3lanj4ng.

Menurut direktur sekaligus ahli sejarah dari British Museum, Neil MacGregor, penduduk Yunani adalah bangsa pertama yang menganggap t3lanj4ng sebagai sesuatu yang tidak tabu, berbeda dengan bangsa lain, seperti bangsa Asiria.

Patung Yunani

Bagi bangsa Asiria yang sekitar 730 tahun sebelum Masehi mendiami Irak, t3lanj4ng adalah sebuah potret penghinaan dan disimbolkan sebagai kekalahan. Musuh-musuh bangsa Asiria yang ditangkap bisanya akan dibunuh dalam kondisi tanpa busana.

Sebaliknya, di Yunani kuno t3lanj4ng identik dengan simbol kepahlawanan dan kedewasaan. Uniknya, hal ini lebih populer dilakukan oleh penduduk pria ketimbang wanita.

"T3lanj4ng di pada masa itu tidak dianggap sebagai sebuah penghinaan, melainkan sebuah 'kebajikan' di kalangan pria dewasa," ujar Neil, Daily Mail.

Namun, pria Yunani kuno tidak selalu t3lanj4ng. Mereka hanya melepas pakaian saat berada di 'gym' atau tempat-tempat latihan. Ya, kata gymnasium berasal dari bahasa Yunani 'gymnos' yang berarti t3lanj4ng.

Begitu juga di olimpiade Yunani kuno, seorang laki-laki yang hendak menyelesaikan permainan dikatakan akan t3lanj4ng sebelum berganti ke seragam khusus pemenang. Hal ini terlihat dari sebuah vas bunga dari masa 530 tahun sebelum Masehi, di mana atlet lompat jauh, lempar lembing, dan lempar cakram, semua digambarkan t3lanj4ng.

Lebih lanjut, menurut ahli sejarah museum terbesar di Inggris itu saat atlet olimpiade tidak memakai baju, mereka melumuri seluruh tubuhnya dengan campuran minyak zaitun dan debu. Cara ini dipercaya sebagai bentuk perlindungan terhadap panas matahari.

Asal mula aksi t3lanj4ng di olimpiade sayangnya belum berhasil diungkap oleh ilmuwan. Salah satu teori yang berkembang adalah bila saat itu ada seorang atlet lari yang berhasil menang setelah melepas bajunya. Hal itu kemudian ditiru oleh atlet lain dan menyebar.

Tren unik tersebut nampaknya cukup membuat aksi t3lanj4ng menjadi objek favorit pembuat patung di masa Yunani kuno.

Artikel bermanfaat lainnya:
Facebook CommentsShowHide

0 komentar