Kamu Wajib Tahu.! 5 Daftar Resiko Penyakit Yang Perlu Diwaspadai Berdasarkan Golongan Darah

Anda dapat mengubah olahraga dan diet Anda. Tapi tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubah golongan darah, yang ditentukan oleh zat mikroskopis warisan dari orangtua-yang hidup di permukaan sel darah merah.

Ternyata, golongan darah bisa menunjukkan beberapa kondisi dalam tubuh sehingga golongan darah juga bisa menunjukkan risiko penyakit seseorang.

Resiko Penyakit Golongan Darah

Walau golongan darah menunjukkan risiko penyakit tertentu, namun masih belum jelas apakah peran tersebut besar atau kecil. "Saran terbaik untuk menghindarinya adalah memiliki gaya hidup sehat," kata penulis studi Mary Cushman, MD, seorang profesor kedokteran dan patologi di University of Vermont.

Dia merekomendasikan pola makan yang benar, berolahraga, dan menghindari stres. Jika Anda khawatir tentang kondisi kesehatan Anda-apakah itu penyakit jantung atau kehilangan memori, lakukan pemeriksaan rutin dan jaga hubungan baik dengan dokter Anda agar mereka dapat membantu Anda terhindar lebih lama dari penyakit.

Nah, apa saja risiko penyakit berdasarkan golongan darah?

1. Masalah Memori

Golongan darah AB memiliki risiko penurunan kognitif lebih besar dari golongan darah lainnya, menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Neurology. "Kita tahu golongan darah AB berkaitan dengan kadar faktor pembekuan tertentu dan protein dalam darah," kata Cushman.

Hal ini mungkin membantu menjelaskan, mengapa jenis AB lebih berisiko mengalami masalah memori kemudian hari meski mekanisme terjadinya masih belum jelas, kata Cushman.

2. Kanker perut

Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology menyebutkan tipe darah AB memiliki risiko kanker perut sekitar 26% lebih tinggi daripada pemilik golongan darah B atau O.

Jika Anda tipe A, risiko Anda adalah 20% lebih tinggi dibandingkan dengan jenis B atau O. Bakteri yang disebut H. pylori mungkin menjadi penyebabnya. Ada sekitar dua-pertiga dari populasi dunia yang memiliki H. pylori dalam usus mereka.

Orang-orang dengan golongan darah AB atau A memiliki reaksi sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi terhadap bakteri ini sehingga meningkatkan risiko kanker mereka, kata penulis studi Gustaf Edgren, MD, PhD, seorang ahli epidemiologi di Karolinska University Hospital di Swedia.

3. Ulcer

Bakteri yang sama yang dapat menyebabkan kanker perut bagi golongan darah A dan AB, dapat meningkatkan risiko ulcer bagi golongan darah O. "Golongan darah ini entah bagaimana memodifikasi respon kekebalan tubuh terhadap bakteri, tetapi kita tidak tahu persis bagaimana mekanismenya," kata Edgren.

4. Penyakit Jantung

Jenis darah O dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 23%, dibandingkan dengan orang dengan golongan darah lainnya. Itu menurut penelitian dari Harvard School of Public Health.

Orang dengan golongan darah AB dan B berada pada risiko terbesar untuk penyakit jantung, data penelitian menunjukkan. Para penulis mengatakan, kelompok darah tertentu, memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi. Hal ini menjelaskan hubungan mereka dengan penyakit jantung.

5. Kanker pankreas

Keuntungan lain untuk jenis O: mereka 37% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kanker pankreas daripada orang dengan golongan darah lainnya, demikian menurut penelitian dari Journal of National Cancer Institute.

Sekali lagi, penulis penelitian menunjukkan kehadiran bakteri usus H. pylori sebagai penjelasan yang mungkin untuk riisko kanker pankreas yang lebih tinggi di antara oran denga jenis darah bukan O.
Sumber: health.kompas.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar