Belum Tau Bagaimana Cara Ikan Tidur? Silahkan Baca Penjelasannya!

Manusia dan hewan di darat tidur cenderung sama. Di mana, pada malam hari hewan di darat akan mencari tempat berlindung, berbaring, dan kemudian memejamkan mata untuk tidur. Lalu,bagaimana cara ikan tidur di dalam air? Apakah mereka juga sama memejamkan mata?

Mereka sangat beda, mereka tidak terbaring kemudian memejamkan mata, dan kemudian bangun pada pagi hari. Saat tidur, mata ikan dalam keadaan terbuka. Hal ini disebabkan ikan tidak memiliki kelopak mata seperti yang dimiliki beberapa ikan hiu. Seperti dilansir livescience, ikan memiliki cara masing-masing untuk tidur.

Cara Ikan Tidur

Pada dasarnya, ikan akan memperlambat metabolisme untuk menghemat tenaga saat tidur untuk memulihkan tenaga. Jadi, ketika mereka tidak bergerak aktif seperti biasanya dan cenderung diam ikan diduga dalam posisi tidur.

Saat itu, mereka akan mengambang dan sesekali akan menggerakkan siripnya guna menjaga keseimbangan.

Penelitian mengungkapkan, ikan dapat mengurangi aktivitas dan metabolisme mereka, namun tetap waspada terhadap serangan musuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnak Neuroscience & Biobehavioral Reviews 2008, mengatakan periode tidur ikan seperti ‘mati suri’ untuk melakukan fungsi restoratif yang jelas berbeda dengan manusia. Contohnya adalah lumba-lumba, mengalami fase yang disebut “unihemispheric slow-wave sleep“
sumber ; tribun.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar