Selain Keindahannya Ternyata 6 Jenis Bunga Ini Dapat Dimakan Dan Sangat Berkhasiat Untuk Kesehatan Tubuh

Memiliki taman yang penuh dengan bunga dan tanaman lain memang menyegarkan mata. Tidak hanya itu, bunganya pun dapat dipetik untuk dapat dijadikan hiasan di dalam rumah, suasana pun akan berubah menjadi lebih romantis dan cantik pastinya.

Ternyata, bunga pun tidak hanya dijadikan pajangan saja, melainkan bisa dimakan! Di Indonesia, budaya “memakan bunga” dianggap tak lazim dan bahkan terkesan klenik. Namun, ternyata bunga dapat digunakan sebagai unsur penting dalam resep, bumbu untuk hidangan, atau hanya digunakan sebagai hiasan seperti yang dikutip Times of India.

Bunga Yang Bisa Di Makan

Bunga yang dapat dimakan atau edible flower memang bunga yang bisa dikonsumsi langsung. Biasanya, bunga ini pun dijadikan topping untuk kukis. Selain dapat dimakan, kukis akan terlihat cantik dan menggugah selera.

“Saya menggunakan cream cheese dan macam – macam edible flower s yang dipetik dari kebun,” kata Lucy Hendriani, Bio Land Healthy Natural Product. Edible flowers yang digunakan kebanyakan memang tanaman subtropis.

Misalnya lavender, oregano, basil, nasturtium alias trapaeolum dan lain – lain dari hasil kebunnya di kawasan Lembang. Bila tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan edible flowers lokal misalnya kecombrang, daun kemangi, buah-buahan bisa Anda coba untuk menu kukis Anda.

Mau yang lebih unik? Berikut ini 6 bunga yang dapat dimakan secara langsung. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak disarankan untuk konsumsi bunga dalam jumlah besar

1. Lavender
Lavender salah satu bunga yang banyak ditanam di rumah. Selain warnanya yang indah, bunga yang satu ini pun memiliki khasiat mengusir nyamuk.

Bunga Lavender Bisa Di Makan

Apabila ingin mengonsumsi lavender, Anda bisa gunakan kelopaknya pada kue, biskuit, puding, es sorbet , yoghurt, dan selai roti. Uniknya lagi, kelopak bunga lavender ini bisa dimasukkan ke dalam semur atau saus agar semakin nikmat!

2. Bunga Krisan
Bunga ini sering dinikmati dalam bentuk teh di Tiongkok, memiliki sifat anti-oksidan dan mineral yang tinggi. Selain itu juga mengandung vitamin C yang berguna untuk tubuh.

Bunga Krisan Bisa Di Makan Langsung

Yang jerawatan? Anda juga bisa mengonsumsi teh dari bunga satu ini karena dapat menghilangkan jerawat. Bunga krisan pun dimanfaatkan juga menjadi keripik dan puding yang tidak kalah enaknya.

3. Bunga Kembang Sepatu
Memiliki taman dengan beragam bunga memang indah. Terlebih lagi jika Anda memiliki bunga kembang sepatu. Bunga cantik ini juga biasa dikenal dengan sebutan Hibiscus. Selain menghiasi taman dan rumah Anda, bunga ini juga bisa dikonsumsi. Untuk menikmatinya, bunga ini bisa dinikmati dalam bentuk teh.

Bunga Kembang Sepatu Dapat Di Makan

Bunga ini memiliki kandungan antisianin dan antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, bunga kembang sepatu memiliki khasiat banyak untuk kecantikan. Ingin kulit mulus, badan ramping, dan selalu berenergi? Teh dari bunga kembang sepatu jadi kuncinya.

4. Bunga Mawar
Bunga yang satu ini populer saat hari valentine tiba. Ya, mawar memang melambangkan cinta. Namun, setiap warna mawar memiliki artinya masing-masing.

Bunga Mawar Dapat Di Makan

Selain untuk hadiah, ternyata mawar pun bisa dimakan. Kelopak bunga mawar bisa dijadikan garnish hidangan pencuci mulut. Tetapi, buang terlebih dahulu kelopak mawar yang berwarna putih karena rasanya yang pahit. Selain itu, mawar pun bisa dijadikan selai dan teh juga.

5. Chamomile
Bunga chamomile atau kamomil sudah menjadi “tanaman dokter” sejak lama.

Bunga Chamomile Untuk Kesehatan

Tidak hanya cantik, bunga ini memang memiliki banyak khasiat dan sudah biasa digunakan untuk herbal. Chamomile memiliki efek penenang, anti-inflamasi, anti-karsinogenik, dan menyembuhkan luka. Biasa dibuat teh dan juga dapat dimakan secara langsung

6. Bunga Melati
Siapa yang tidak kenal bunga yang satu ini. Bunga dengan wanginya khas ini selalu dianggap mistis. Bahkan, mendiang Suzzanna pun suka memakan bunga yang satu ini.

Makan Bunga Melati

Melati bisa digunakan sebagai pemanis kukis dan penambah aroma teh. Selain kukis, melati juga dapat dimasak dengan agar-agar dan puding. Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi karena ada beberapa bunga melati yang beracun, di antaranya keluarga melati Gelsemium dan Loganiaceae. semoga bermanfaat.
sumber ;tribun.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar