Tips Mengatasi Mata Lelah dan Kepala Pusing Akibat Terlalu Lama Depan Komputer

Kita harus melakukan sesuatu agar tubuh kita (terutama mata) dapat tetap sehat meski berada di depan komputer atau laptop dalam waktu yang lama. Kali ini kami akan memberikan tips-tips sehat yang dapat dipraktekkan bagi pembaca sekalian agar tetap sehat di depan komputer atau laptop.

Berikut tipsnya:
Menjaga Jarak Pandang dari Monitor Sekitar 50-100 cm dan Menggunakan Meja atau Kursi yang Nyaman.

Cara mengatasi mata lelah dan pusing saat di depan komputer

Sebaiknya jangan terlalu dekat dengan layar komputer karena hal ini tidak baik untuk mata. Apabila kita terlalu sering dekat dengan layar komputer maka dikhawatirkan mata kita akan terkena rabun jauh atau mata minus. Selain itu, usahakan pula untuk memakai meja dan kursi agar posisi duduk kita menjadi nyaman dan tidak lekas lelah.

1. Menggunakan LCD/LED Monitor dan Mengaturnya Sesuai dengan Kenyamanan Mata.
Ada baiknya apabila menggunakan LCD atau LED monitor, serta mengatur pencahayaan monitor supaya menjadi lebih sejuk di mata. Cahaya monitor yang terlalu terang dapat mengakibatkan mata cepat lelah.

2. Memeriksa Mata Secara Teratur (Bila Perlu Dapat Memakai Kaca Mata Anti Radiasi).
Jika penglihatan Anda mulai kabur, sebaiknya periksakan hal itu kepada dokter. Selain itu, konsultasikan pula apakah Anda perlu memakai kaca mata anti radiasi. Kaca mata anti radiasi dapat digunakan untuk mengurangi cahaya berlebih yang bisa membuat mata menjadi nyeri.

3. Memperhatikan Sirkulasi Udara dan Menggunakan Cahaya Ruangan yang Cukup
Apabila udara terlalu panas maka hal ini dapat pula membuat mata menjadi cepat kering. Karena itu, sesuaikan siklus udara di ruangan Anda. Selain itu, sebaiknya aturlah agar cukup cahaya masuk pada ruang kerja Anda.

4. Makan, Minum, dan Mengonsumsi Tambahan Vitamin Secara Teratur
Kadang menjadi kebiasaan kita bahwa apabila telah berada di depan komputer, kita menjadi lupa makan dan minum. Hal ini pada akhirnya dapat menimbulkan sakit pada perut atau sakit maag. Usahakan agar Anda dapat makan secara teratur pada jam istirahat. Selain itu, mengkonsumsi vitamin A juga baik untuk menambah asupan gizi pada mata. Konsumsi pula vitamin B agar menambah daya tahan tubuh Anda.

5. Tidur Selama 6 sampai 8 jam sehari dan Istirahatkan Mata Minimal 5 Menit Setiap Jam
Sebagaimana bagian tubuh yang lain, mata juga perlu istirahat. Apabila kita sudah menggunakan mata kita seharian maka sebaiknya mata kita diistirahatkan (tidur) pada waktu malam selama 6 sampai 8 jam. Selain itu, pada saat sedang berada di depan komputer usahakan untuk mengistirahatkan mata Anda minimal 5 menit pada setiap jamnya.

6. Menyediakan Waktu untuk Berolah Raga Secara Teratur
Sediakan waktu pada pagi hari untuk berolah raga secara teratur supaya badan kita tetap berada dalam kondisi yang fit dan bugar di setiap waktu.

7. Menyediakan Waktu untuk Beribadah, Keluarga dan Sahabat.
Sediakan juga waktu untuk beribadah saat sedang sibuk di depan komputer. Sediakan juga waktu untuk keluarga, teman, dan sahabat. Dengan meluangkan waktu dan berinteraksi dengan mereka maka secara tidak langsung Anda juga telah mendapatkan refreshing untuk sekadar melepas penat selama sedang bekerja.

Nah, ingatlah jangan terlalu lama di depan laptop. Sempatkan waktu anda untuk menyehatkan mata anda dengan beristirahat dan jangan lupa sering olahraga.Semoga tips berikut dapat bermanfaat untuk anda.
sumber:wajibbaca
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar