Selain Sehat, Setidaknya Ada 7 Manfaat Bangun Pagi Yang Perlu Di Ketahui

Pagi hari seharusnya jadi momentum bagi hadirnya semangat baru. Berdasarkan penelitian dari para ahli dan anjuran dari para orang bijak di masa lalu, ada banyak sekali manfaat dari bangun pagi sebelum Matahari terbit. Kalau Anda mahasiswi atau karyawati kantor, mungkin bangun pagi sudah menjadi 'kewajiban' agar tidak terlambat.

Manfaat Bangun Pagi

Tahukah Anda manfaat di balik bangun pagi?

1. Berkualitas
Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur Anda setiap hari. Tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada tubuh, seperti penuaan dini atau kerutan pada

2.Sukses
Banyak orang sukses yang bangun pagi lebih awal, bahkan Barack Obama bangun setiap pagi pukul 4:30 atau 5:00. Tapi jangan hanya bangun dipagi ini pukul 5:00 tapi besoknya bangun pukul 9:00, maka anda semakin jauh dengan kesuksesan anda. Buatlah rutinitas setiap hari agar terbiasa, maka anda akan merasakan sendiri dampak baiknya setelah itu.

Sangat sederhana tapi berat dilakukan. Bangun lebih awal membuat anda lebih banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan dikerjakan. Cara ini sangat manjur untuk mendapat hasil terbaik dalam mencapai tujuan.

3.Mandi
Banyak manfaat dari mandi pagi, selain melancarkan peredaran darah juga dapat meringankan depresi. Jadi, bagi anda yang terlalu banyak pikiran, mandi pagi pake air dingin bisa menjadi solusi untuk meringankannya.

Bila rasa kantuk masih lengket cepatlah untuk mandi pagi. Mandi pagi akan menambah semangat anda dalam melakukan aktifitas, apa lagi anda yang kerja masuk pagi. Tapi meskipun libur kerja dan tidak ada yang dikerjakan, tetap saja biasakan mandi pagi.

4.Sarapan
Perlu diketahui, orang sukses tidak melewatkan makan pagi. Dengan makan makanan yang bergizi, tubuh juga mendapat asupan gizi dan meningkatkan fungsi otak untuk berfikir lebih cermat. Jangan juga makan terlalu banyak, malah akan jadi mengantuk, makanlah secukupnya.

5. Bahagia
Peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui medicmagic.net mengungkapkan, mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia. Peneliti dari Roehampton University di Inggris ini juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal.

6.Kemacetan
Tiba di kantor lebih awal, Anda bisa menggunakan waktu yang masih ada untuk melakukan berbagai hal, entah itu membaca, olahraga, merencanakan kegiatan dalam sehari, dan lain sebagainya. Warga kota besar di Indonesia setiap pagi kerap bertemu dengan kemacetan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa berangkat ke kantor lebih pagi.

7. Berpikir
Pakar keuangan James Citrin pernah mengatakan, “Heningnya pagi seringkali terjadi ketika pikiran kita sedang jernih, dan memungkinkan untuk memecahkan persoalan penting.” Artikelnya yang berjudul Tapping the Power of Your Morning Routine, akan memberikan wawasan pada Anda betapa berharganya waktu pagi. Dalam artikel tersebut Jim juga melaporkan bahwa 80% pejabat perusahaan yang diwawancaranya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi.
sumber ;tribun.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar