Wow Gel Penyembuh Luka Dari Kaktus Di Temukan Oleh 5 Mahasiswa Kedokteran UGM Ini Lho

Saat kuliah, apa yang biasanya dipikirkan seorang mahasiswa? Salah besar kalau seorang mahasiswa hanya harus menyelesaikan tugas-tugasnya saja selama kuliah. Kuliah adalah waktu yang paling tepat untuk menciptakan banyak hal. Pada masa inilah, ada dosen yang siap membimbingmu dalam mencoba hal-hal baru yang bermanfaat. Seperti 5 mahasiswa kedokteran UGM ini, yang berhasil membuat kaktus centong menjadi gel penyembuh luka. Wah, bagaimana prosesnya, ya?

penyembuh luka dari kaktus

Kaktus centong selama ini banyak tumbuh liar di pantai Samas, Bantul. Ditya Devale, Nadira, Ruli Aulia, Aulia Fitri dan Khairunnisa, berhasil membuktikan membuktikan bahwa kaktus centong bisa mempercepat proses penyembuhan luka terbuka. Percobaan awal dilakukan pada seekor tikus. Dari uji coba yang mereka lakukan itu, gel tersebut terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan luka dari biasanya.

Setelah menemukan fakta menarik itu pada percobaan yang dilakukan pada tikus, Ruli dkk masih terus melakukan penelitian lebih lanjut. Karena meskipun selama ini banyak diremehkan, kaktus centong ternyata memang punya banyak manfaat. Nggak hanya untuk menyembuhkan luka, ia juga berpotensi menjadi bahan baku kosmetik karena kandungan vitaminnya yang tinggi. Namun tentu saja, butuh penelitian lebih dalam untuk itu.

Kalau kaktus centong memang dapat digunakan sebagai bahan kosmetik, maka Indonesia punya banyak kesempatan untuk meningkatkan nilai ekonomis kaktus. Siapa tahu, budidaya kaktus centong bisa semakin marak di negara kita. Apakah kamu ingin membudidayakan jenis kaktus ini juga?

Sebenarnya selain kaktus centong masih ada banyak bahan organik yang berpotensi menyelesaikan masalah kesehatan. Jadi kalau kamu juga ingin berprestasi seperti kelima mahasiswa ini, kamu juga bisa melakukan percobaan untuk berbagai bahan alami yang ada di sekitar.
sumber: merdeka.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar