Perlu Tau.! Beginilah Terjadinya Kotoran Dalam Hidung atau Upil Terbentuk

Pertanyaan
Bagaimana kotoran hidung terbentuk?

Jawaban
Kotoran hidung berasal dari sebuah membran lendir bernama membran mucus yang ada di hidung. Membran itu memang berfungsi menghasilkan ingus atau lendir. Walau sekilas menjijikan, namun ingus yang dibentuknya merupakan sistem perlindungan alami tubuh terhadap infeksi.

Asal Usul Kotoran Upil

Ingus atau lendir yang dihasilkan oleh membran itu setiap hari mencegah berbagai partikel asing masuk ke dalam sistem pernapasan dan paru-paru. Yang dimaksud partikel asing dan berbahaya dari luar tubuh adalah debu, bakteri dan virus, juga berbagai serbuk yang ukurannya kecil. Lendir akan membuat partikel asing itu menempel, dan menyaringnya tidak masuk ke paru-paru.

Lendir yang kering dan berisi kotoran dari luar tubuh pun mengumpul, mengeras, dan itu yang kita sebut upil. Mekanisme hidung pun memudahkan upil berpindah ke bagian hidung agak luar, sehingga mudah dijangkau oleh jari saat Anda mengupil. Penting bagi Anda untuk selalu mencuci tangan seusai membersihkan kotoran hidung, sebab upil sendiri adalah kumpulan kotoran dan bakteri. Jangan mengusapnya sembarangan, dan lakukan dengan jari yang bersih agar kotoran dari jari tak malah masuk ke dalam saluran pernapasan Anda.Dijawab oleh dr. Setiyo
sumber:merdeka.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar