Masih Muda Tapi Ubanan, Ini Dia Penyebabnya Yang Harus Kamu Ketahui

Mengapa Ubanan Di Usia Muda ? : Uban sebagaimana yang kita ketahui umumnya terjadi pada orang yang telah berusia lanjut atau sudah tua, namun ada juga atau mungkin kamu sendiri pernah melihat anak muda umur masih belasan tapi sudah memiliki uban. Untuk itu artikel ini di buat agar dapat memberikan penjelasan bagi yang belum tau kenapa hal tersebut dapat terjadi.

Dalam keadaan normal terjadinya uban atau rambut memutih pada seseorang mulai tampak di umur 30 an ke atas namun di beberapa kasus ada yang mulai beruban di saat umur 20an ( ini lebih sering terjadi pada wanita ).

Rambut Uban Di Usia Muda

Uban terjadi karena folikel berhenti atau berkurang dalam produksi melanin atau pigmen ( zat pewarna ) pada helaian rambut sehingga rambut menjadi putih.

Roshini Rajapaksa dari Associate Professor berasal dari NYU School of Medicine membuat tulisan tentang perubahan rambut ada hubungannya dengan etnis atau suku seseorang. Seperti etnis Kaukasian yang cenderung mengalami perubahan rambut jauh lebih cepat bila di bandingkan dengan orang orang Asia dan juga afrika amerika.

Riwayat uban pada keluarga dapat juga menjadi penybab mengapa uban tumbuh lebih pada seseorang. dalam tulisannya roshini mengatakan "Anda bisa bertanya pada orangtua, kakek-nenek, kapan pertama kali rambut mereka mulai terlihat abu-abu".

Rambut Ubanan

Selain dari yang di sebutkan di atas, lingkungan sekitar dan gaya hidup juga bisa menjadi sebab mulainya rambut  beruban lebih awal, contohnya seperti seringnya terkena matahari langsung ( sinar ultra violet ), merokok dan juga polusi udara yang parah.

Ada juga yang terjadi dalam beberapa kasus walau sangat jarang, tumbuhnya uban lebih awal mengindikasikan permasalahan lain dalam diri orang tersebut, yaitu masalah kesehatan seperti terkena penyakit vitiligo ( penyakit pigmentasi atau kehilangan warna kulit ), penyakit anemia pernisiosa ( kekurangan vitamin B12 karena tubuh tak mampu menyerapnya ) dan jgua penyakit kelenjar tiroit.

Dalam beberapa tiori walau kebenarannya di ragunakan ada juga yang mengatakan terjadinya uban lebih awal karena stress atau banyaknya pikiran seseorang.

Baca juga : Mengatasi Masalah Uban Di Usia Muda

Demikianlah sekilas informasi tentang masalah Mengapa Ubanan Di Usia Muda semoga saja dengan artikel ini anda dapat memahami dan mengerti penyebab penyebabnya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel sebelumnya yang berjudul Ingin Perutmu Langsing ? Cukup 5 Menit Lakukan Hal Berikut Ini. Share atau bagikan artikel ini bila sekiranya bermanfaat, terimakasih.

Facebook CommentsShowHide

0 komentar