Sebarkan...Sebelum Terlambat Kamu Harus Tau Bahayanya Virus Zika Yang Di Sebarkan Oleh Nyamuk Ini

Semakin hari semakin ramai saja di beritakan tentang penyakit yang di sebarkan melalui gigitan nyamuk ini. Virus yang menyebabkan sakit tersebut di sebut dengan virus zika, memiliki gejala mirip dengan demam berdarah, dalam postingan kali ini kami akan mencoba memberikan informasi tentang Virus Zika Sejarah Dan Cara Mengatasinya, semoga dapat membantu dan membuat anda menjadi lebih waspada. Ketahuilah sebelum hal ini menjangkit pada keluarga dan lingkungan anda virus zika sudah mulai beredar di indonesia dan daerah pertama yang terdeteksi adalah propinsi Jambi pada periode bulan Desember 2014 hingga April 2015 dan terus menyebar.


Sejarah Virus Zika


Waspada Virus Zika

Virus zika pertama kali di identifikasi yaitu pada tahun 1947 pada seekor monyet Rhesus di pedalaman hutan zika negara Uganda, dari nama hutan inilah virus ini di ambil. Pertama kali terdeteksi virus ini terjangkit pada manusia yaitu di tahun 1952 di Uganda dan  Tanzania dalam tes serologis.

Bahaya Virus Zika


Virus yang di bawa oleh nyamuk terutama nyamuk Aedes Aegypti ini ( nyamuk penyebab demam berdarah ) memiliki dampak jauh lebih buruk dari penyakit demam berdarah karena orang yang terkena terutama wanita hamil akan melahirkan bayi dengan kepala lebih kecil dari ukuran normal, dalam bahasa medis di sebut Mikrosefali ( Cacat Pertumbuhan Otak ).

Dampak Buruk Virus Zika

Penyakit yang di sebabkan oleh virus zika dan turunannya ini belum ada obat atau vaksin yang benar benar bisa menyembuhkan. Nama lain dari virus ini adalah ZIKAV atau ZIKV.
Adapun gejala umum bila terserang penyakit ini antara lain seperti lemas,ruam pada wajah, lengan atas hingga ke kaki, leher, sakit kepala, demam tinggi dan nyeri punggung. Rentang waktu munculnya gejala dari gigitan nyamuk yang mengandung virus zika adalah 3 hingga 12 hari, dalam beberapa kasus tidak menunjukkan gejala apa apa.

Cara Mengatasi Virus Zika


Karena belum adanya obat atau vaksin yang dapat memberantas virus ini maka bila terinveksi sangat di anjurkan perbanyak mengkonsumsi cairan dan obat penurun panas untuk meredakan demam, Periksakan ke dokter adalah jalan terbaik sebaiknya bila memiliki gejala yang di sebutkan di atas.

Jalan terbaik untuk terhindar dari inveksi penyakit ini adalah menjaga kebersihan lingkungan, memberantas tempat tempat yang memungkinkan nyamuk dapat berkembang biak, menghindari mereka yang terinfeksi karena satu gigitan nyamuk saja sudah dapat menular. Pergunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh seperti baju lengan panjang, celana panjang untuk meminimalisir gigitan nyamuk, gunakan jaring atau kelambu ketika tidur untuk menghindari gigitan nyamuk.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang Virus Zika Sejarah Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan tulisan ini pada yang lain, terimakasih dan sampai jumpa lagi di informasi kesehatan berikutnya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar