Inilah Alasan Kenapa Wanita Dilarang Nikah Lebih Dari Satu Pria atau Poliandri

Kenapa wanita tidak dibolehkan menikahi lebih dari satu pria? Jawabannya karena beberapa hal. Di dalam Islam kita mengenal dengan istilah poligami dan poliandri. Dalam poliandri inilah yang berarti bahwa seorang wanita tidak boleh menikahi lebih dari 1 pria. Apabila Islam telah melarangnya, pastilah hal itu memiliki kemadharatan yang lebih banyak.

Sering kita jumpai praktik poligami dimana seorang pria memiliki istri lebih dari satu. Bahkan dalam sejarah, Nabi Muhammad juga memiliki istri lebih dari satu. Banyak orang yang kemudian mempertanyakan kenapa seorang laki-laki boleh memiliki istri lebih dari satu tapi tidak untuk seorang wanita. Poliandri menurut Islam akan menjadi pengetahuan bagi kita agar tidak terjerumus pada lembah dosa.

Wanita Bersuami 2 Poliandri

Sebelumnya perlu diketahui bahwa dasar masyarakat berdasar ajaran Islam ialah masyarakat yang setara dan adil. Allah telah menciptakan perempuan dan laki-laki dalam kesetaraan, namun dengan tanggung jawab dan kemampuan yang berbeda. Wanita dan pria memiliki perbedaan dalam hal psikologis dan fisiologis. Meskipun dalam Islam, wanita dan pria itu setara tapi ada beberapa hal yang berbeda.

Dalam sebuah surat diketahui bahwa diharamkan bagi seorang pria menikahi wanita yang sudah memiliki suami.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perempuan tidak lebih dari satu suami.

Secara biologis, seorang pria lebih mudah melakuan tugasnya sebagai suami meskipun mempunyai beberapa istri. Apabila wanita yang memiliki beberapa suami maka tidak mungkin ia bisa melakukan semua tugasnya dengan baik. Hal ini disebabkan karena beberapa perubahan perilaku dan psikologis wanita sebab fase-fase dari siklus haid.

Apabila seorang wanita memiliki lebih dari satu suami dan ketika sang istri hamil dan memiliki anak maka anak itu akan sulit diidentifikasi siapakah ayahnya. Dalam hal ini hanya ibulah yang dapat diidentifikasi. Padahal Islam sangat memperhatikan identifikasi kedua orang tuanya, baik ibu atau ayahnya. Sedangkan menurut psikologis, seorang anak yang lahir dan tidak tahu siapa ayahnya, maka akan terjadi trauma mental yang cukup berat, bahkan gangguan kejiwaan. Masa kecil, hidup mereka tidak bahagia dan tidak mengalami perkembangan sebagaimana mestinya. Namun, di zaman sekarang kita sudah memiliki teknologi yang canggih, termasuk di dalam dunia medis. Kita dapat melakukan pengujian genetik sehingga bisa tahu siapa ayah anak itu. Meskipun dalam hal biologis kini tidak lagi ada masalah, tapi kita juga harus memperhatikan keadaan psikilogis sang anak.

Apabila seorang wanita memiliki suami lebih dari satu maka dapat diartikan bahwa wanita itu juga memiliki beberapa pasangan bercinta. Ketika mereka sedang melakukan hubungan intim, maka sang istri akan lebih rentan tertular penyakit kelamin. Meskipun sang suami tidak melakukan hubungan intim di luar nikah, tapi hal ini masih bisa terjadi. Penyakit menular ini akan lebih membahayakan sang istri, sedangkan pria yang memiliki istri lebih dari satu tidak akan terkena dengan penyakit ini.

Secara naluriah, seorang pria lebih menyukai poligami daripada wanita. Hal ini terbukti bahwa pria lebih banyak menikah dengan beberapa wanita dibanding wanita yang menikah dengan beberapa pria.

Berdasarkan penjelasan mengapa wanita diharamkan memiliki banyak suami tersebut, pantaslah jika poliandri memang dilarang di dalam Islam. Selain dari sisi kesehatan biologis sang ibu, poliandri juga berbahaya untuk kesehatan mental sang anak. Demikian alasan kenapa wanita tidak dibolehkan menikahi lebih dari satu pria.
sumber:kumpulanmisteri.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar