Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Dari Nol Dan Bagaimana Cara Mengikuti Jejak Mereka?

Memiliki usaha dan menghasilkan banyak uang adalah impian hampir semua orang. Namun, membuat sebuah usaha terus berkembang bukanlah perkara mudah. Ada bermacam-macam cara yang harus dilakukan untuk bisa mengembangkan usaha sesuai dengan yang diharapkan.

Hal yang terpenting dalam melakukan usaha tersebut adalah kesabaran, dan juga memusatkan tenaga serta pikiran untuk terus berusaha mengembangkan usaha. Hal ini tentunya akan membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang tidak sedikit. Semakin keras dan cerdas dalam berusaha, akan semakin baik dan cepat pula hasilnya.

Pengusaha Sukses

Banyak pengusaha di Indonesia memulai bisnisnya dari nol. Berkat ketekunan dan keuletan, mereka berhasil menjadi salah satu orang kaya di Indonesia.

Salah satu pengusahanya adalah Alm Bob Sadino. Bob sadino adalah salah satu pengusaha asal Indonesia yang merangkak dari nol dan terus berkembang hingga menjadi pengusaha besar. Pengusaha yang satu ini sempat menjadi seorang karyawan selama 9 tahun lamanya, namun dia memutuskan untuk keluar dan mencoba untuk menjadi seorang pengusaha.

Seperti kebanyakan orang, usahanya tidak langsung menghasilkan kesuksesan yang besar. Bob sadino mencoba usaha penyewaan mobil namun tidak berjalan lancar. Kemudian karena terdesak dia pun bekerja menjadi buruh bangunan sambil berusaha kembali dengan berjualan ayam. Dengan modal pinjaman dari tetangga, Bob pun memulai usahanya berdagang telur secara kecil-kecilan dari rumah ke rumah. Tak disangka usahanya terus menanjak dan dia pun melanjutkan usahanya ke berbagai bidang yang lain.

Tak hanya Bob sadino, Sunny Kamengmau juga merintis usaha dari nol. Pria yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini telah berhasil membuat produk berupa tas dengan merek yang bernama Robita. Tas yang satu ini sangat populer bahkan di luar negeri seperti di Jepang dan beberapa daerah lainnya. Bahkan tas ini cukup populer di kalangan para sosialita tanah air karena kualitas dan keunikannya.

Sunny merupakan orang yang tidak menyelesaikan pendidikan SMA dan nekat merantau ke Bali untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pada awalnya dia hanya menjadi seorang tukang sapu. Akibat ketekunannya dan juga semangat dalam berusaha, akhirnya dia mencoba untuk berjualan tas dan akhirnya menjadi pengusaha dengan omset yang besar hingga sekarang.

Dari pada hanya mengagumi, lebih baik Anda mulai membuat usaha dari sekarang dan mengikuti jejak sukses mereka. Berikut tips sukses berbisnis dari nol seperti dikutip dari cermati.com di Jakarta, Kamis (9/6).

1. Buat strategi
Ketika menjalankan sebuah bisnis atau usaha, terutama untuk usaha skala menengah ke atas, dibutuhkan strategi dan perencanaan yang baik dan matang. Anda harus membuat strategi dan perencanaan mulai dari pemasaran, biaya, visi, misi, target, dan lain-lain. Hal ini diperlukan agar usaha Anda dapat berkembang menuju level yang lebih baik.

Strategi Bisnis

Tujuan strategi adalah untuk mempermudah dan juga membantu Anda agar dapat memperhitungkan anggaran-anggaran yang dibutuhkan serta tidak melenceng dari target.

Selain itu, strategi juga digunakan agar pengusaha juga dapat selalu fokus. Dengan adanya strategi bisnis, baik itu untuk waktu bulanan, maupun tahunan, akan membuat Anda bisa lebih fokus dan bisa lebih baik dalam menjalankan usaha Anda nantinya.

2. Kenali pesaing
Tips sukses bisnis dari nol selanjutnya adalah mencoba untuk mengenal dan mengetahui baik strategi atau pun hal-hal yang dimiliki oleh para pesaing Anda. Hal ini tentu saja termasuk juga kelebihan, kekurangan, cara promosi dan lain-lain.

Dengan mengenal para pesaing, terutama mereka yang berhasil juga dapat membuat Anda mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan hal-hal yang tidak dilakukan. Hal ini juga menuntut Anda untuk terus selalu melakukan hal yang berbeda dengan para pesaing dengan cara inovasi dan kreasi baru.

Mengenali Pesaing

Cara ini juga diperlukan untuk mendapatkan nilai tambah produk Anda dilirik oleh para konsumen dibandingkan dengan banyaknya produk lain dari para pesaing.

3. Hemat biaya operasional
Ketika Anda akan mengembangkan usaha agar menjadi lebih besar, Anda tidaklah harus mengeluarkan biaya yang lebih besar atau lebih banyak terutama untuk hal-hal yang dirasa tidak perlu.

Para pelaku usaha tidak harus mengeluarkan biaya yang besar dalam hal operasional saat awal usaha dibuka. Usahakan agar Anda hanya mengeluarkan biaya untuk hal yang penting dan memang perlu dilakukan saja.

Hemat Biaya Operasional

Kreativitas sangat diperlukan untuk bisa menekan biaya-biaya yang tidak perlu dan bisa dihemat. Carilah ide-ide baru dalam hal marketing atau pemasaran yang hanya memerlukan biaya yang kecil dan murah. Seperti melakukan marketing melalui jalur online seperti membuat toko online dibandingkan dengan membuat atau menyewa toko di mal yang pastinya membutuhkan biaya yang cukup besar.

4. Survei harga pasar
Jika ingin mengembangkan usaha Anda menjadi lebih baik lagi, sudah seharusnya Anda mengetahui nilai harga pasar secara umum, real time dan lebih lengkap.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui harga pasar yang sebenarnya dan mengetahui harga secara tepat dari waktu ke waktu. Dengan mengetahui harga pasar secara real time, Anda bisa bersiaga dan mengambil langkah baru jika harga yang ada di pasaran mengalami kenaikan ataupun penurunan yang signifikan.

5. Fokus dan Giat
Strategi agar sukses berbisnis dari nol selanjutnya adalah memiliki sikap fokus dan ulet/giat. Tanpa sikap mental tersebut, apapun strategi Anda tidak akan berhasil.

Jangan mudah menyerah dan gampang tergoda terhadap usaha musiman yang bukan core bisnis atau kompetisi Anda.
sumber: merdeka.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar