Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh Ketika Kita Makan Dengan Tangan, Berikut Penjelasannya

Makan menggunakan tangan tentu terdengar aneh dan primitif serta pasti banyak orang yang merasa tidak tertarik melakukannya. Namun, cara yang disebut “primitif” itu ternyata merupakan cara makan yang lebih sehat, dan percaya atau tidak, cara itu ternyata dapat menjaga kondisi kesehatan Anda.

Ajaran Ayurvedic mencatat, setiap jari merupakan perpanjangan dari lima elemen. Anak-anak pada usia balita akan mengisap ibu jari karena ini adalah cara alami untuk membantu pencernaan.

Manfaat Makan Pakai Tangan

Selain itu, jari telunjuk merujuk pada udara, jari manis merujuk bumi, jari tengah adalah api, dan jari kelingking adalah air. Ketidak seimbangan setiap elemen ini benar-benar dapat menyebabkan banyak penyakit atau gangguan dalam tubuh.

Berikut ada beberapa manfaat kesehatan dari makan menggunakan tangan, seperti dimuat Healtsite.

1. Memperbaiki pencernaan
Ketika kita menyentuh makanan dengan tangan kita, otak memberi sinyal perut kalau kita akan makan. Kebiasaan ini membantu pencernaan lebih baik karena kita akhirnya fokus pada makanan dan sadar memegang seberapa besar jumlahnya.

2. Melindungi mulut
Tangan juga dapat bertindak sebagai sensor suhu yang sangat efektif. Ketika Anda menyentuh makanan panas misalnya, hal ini dapat mencegah mulut dari sensasi terbakar.

3. Mengurangi risiko diabetes
Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan, makan cepat berisiko tinggi mengalami Diabetes tipe 2. Jika Anda perhatikan, seberapa sering Anda menggunakan alat makan? Mungkin Anda bisa mencoba menggunakan tangan ketika makan, dan lihat kecepatan yang bisa dikurangi.

Ketika kita makan, jari dan jempol akan bersama-sama menjaga keseimbangan. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, cobalah makan dengan tangan karena ujung jari adalah memiliki sensasi saraf dalam tubuh.
sumber:wajibbaca
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar