Punya Riwayat Penyakit Darah Tinggi? Ga Suka Minum Obat? Lakukan 6 Tips Berikut! Di Jamin Ampuh

Gaya hidup memang memainkan peran utama dalam penyembuhan tekanan darah tinggi. Salah satu yang paling efektif adalah menjaga pola hidup yang sehat untuk mengontrol tekanan darah. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat mengurangi ketergantungan pada obat-obatan.

Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Yang akan kita bahas di sini adalah cara untuk mengatasi atau mengatur gaya hidup untuk para penderita tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, berikut tips-nya!

1. Konsumsi buah dan sayuran
Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak mampu secara signifikan menurunkan tekanan darah. Terutama pada pasien hipertensi.

Makan Buah Buahan Atasi Darah Tinggi

Buah dan sayuran penuh dengan vitamin, mineral, serta serat untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi yang baik. Belum lagi kandungan kalium dan juga rendah sodium yang membantu mengimbangi efek negatif dari garam yang dikonsumsi berlebih.

2. Tidur 7 jam
Orang yang tidur 5 jam atau kurang dari itu pada malam hari mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. Seiring waktu, kekurangan tidur bisa menyakiti kemampuan tubuh untuk mengatur hormon stress. Hal ini jelas menyebabkan hipertensi.

Tidur Yang Cukup

Yang paling baik adalah tidur malam setidaknya 7 jam. Tidur dapat memperpanjang umur. Jangan disepelekan!

3. Kurangi garam
Garam membuat tubuh Anda menahan air. Jika terlalu banyak mengonsumsi garam, maka air yang tersimpan di dalam tubuh Anda dapat meningkatkan tekanan darah. Jika sudah memiliki riwayat darah tinggi, ya bakal makin parah.

Kurangi Makan Garam Atasi Darah Tinggi

Apabila Anda kelebihan berat badan, asupan garam yang tinggi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Tidak hanya itu, garam juga membuat obat untuk tekanan darah tinggi tidak akan bekerja dengan baik. So, kurangi makan garam sekarang juga!

4.Olahraga 2,5 jam per minggu
Untuk orang dewasa, setidaknya harus melakukan olahraga selama 150 menit atau 2,5 jam dalam kurun waktu seminggu. Atau bisa juga 75 menit seminggu melakukan aktivitas aerobik yang kuat. Bisa juga mengombinasikan keduanya. Tidak ada salahnya, bukan?

Olahraga Dapat Mengatasi Darah Tinggi

Latihan fisik merupakan terapi tanpa obat bagi tubuh. Efeknya luar biasa. Bisa mengurangi hipertensi, jantung lebih kuat, dan lain sebagainya. Namun satu yang harus Anda ingat, ini harus dilakukan secara rutin.

5.Meditasi selama 10 menit per hari
Stres adalah sistem alarm alami tubuh. Dia akan melepaskan hormon yang disebut adrenalin yang menyebabkan pernapasan Anda dipercepat dan denyut jantung serta tekanan darah ikut meningkat. Menurut sebuah penelitian terbaru, memiliki sikap positif terhadap kehidupan, menjaga pikiran bebas dari stres, kecemasan, dan mengikuti cara-cara anti stres serta bersantai merupakan hal terpenting membatasi tekanan darah berlebih alias hipertensi. Selanjutnya, meditasi membantu Anda untuk tidur lebih baik. Lakukan setidaknya 10 menit per hari.

Meditasi Mengatasi Darah Tinggi


6. Melakukan Diet
Orang yang memiliki badan cenderung gemuk, berisiko punya peningkatan jaringan lemak yang meningkatkan resistensi pembuluh darah dan pada gilirannya meningkatkan kerja jantung.

Diet Dapat Mengatasi Darah Tinggi

Jika Anda kelebihan berat badan, setidaknya menurunkan sekitar 2-3kg saja sudah dapat mempengaruhi tekanan darah Anda. Tidak perlu mengonsumsi banyak kalori, yang penting seimbang dengan kegiatan sehari-hari Anda.
sumber: merdeka.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar