10 Gejala Awal Mendeteksi Penyakit Parkinson Menyerang Anda, Mohon di Bantu Bagikan.!

Nama penyakit Parkinson menjadi naik daun akhir-akhir ini menyusul dengan meninggalnya petinju legendaris Muhammad Ali.

Masyarakat umum sejauh ini hanya mengetahui bahwa penyakit Parkinson membuat penderitanya mengalami gangguan mengingat dan tubuh yang tiba-tiba gemetar. Namun sebenarnya penyakit yang diambil dari nama salah seorang dokter di Inggris yaitu James Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pusat manusia yang kemudian mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan hal-hal mendasar dalam aktivitas sehari-hari.

10 Gejala Sakit Parkinson

Penyakit Parkinson sendiri terjadi ketika sel saraf di otak tidak dapat menghasilkan zat kimia tertentu yang disebut dengan dopamin yang dibutuhkan untuk kesehatan saraf.

Penyakit Parkinson juga tidak memberikan sinyal yang jelas. Namun kamu bisa mengenali gejalanya lewat tanda di bawah ini.

Mudah tremor
Tremor atau gemetar menjadi tanda awal dari penyakit Parkinson. Tak hanya saat kamu baru saja melakukan suatu aktivitas, namun tremor ini juga biasanya muncul saat kamu diam atau bersantai.

Kehilangan kemampuan untuk mencium aroma
Menurut para ahli kesehatan, berkurangnya kemampuan untuk mencium suatu aroma adalah tanda yang paling umum dari penyakit ini. Oleh karena itu saat kamu tiba-tiba tidak bisa mencium suatu aroma dengan jelas, jangan menganggap enteng hal tersebut.

Kurang tidur
Kurang tidur juga menjadi tanda awal dari penyakit Parkinson.

Perubahan di tulisan tangan
Saat kamu menulis tangan dan melihat bahwa tulisanmu tidak sama lagi seperti tulisanmu biasanya, maka jangan anggap enteng hal tersebut. Sebab gangguan saraf juga membuat tulisan tanganmu terlihat tidak rapi.

Sembelit
Tak hanya karena kurangnya mengonsumsi makanan berserat, Parkinson juga membuat penderitanya mengalami sembelit.

Postur tubuh yang bungkuk
Penyakit Parkinson diketahui membuat penderitanya memiliki tubuh dengan postur yang bungkuk.

Sulit berekspresi
Karena Parkinson mempengaruhi sistem saraf, maka penderitanya juga sulit untuk berekspresi. Wajah mereka seakan datar-datar saja.

Mudah pusing
Mudah pusing yang kemudian disertai dengan mudah pingsan adalah salah satu tanda awal dari Parkinson. Oleh karena itu waspadalah saat kamu tiba-tiba sering pusing dan kemudian pingsan.

Gerakan melambat
Parkinson membuat penderitanya sering mengalami gangguan nyeri otot dan nyeri sendi. Sehingga penderitanya sulit untuk bergerak atau lambat dalam bergerak bahkan untuk melakukan hal yang sederhana.

Depresi
Terakhir, depresi menjadi salah satu tanda awal dari Parkinson. Tak hanya karena gangguan mental saja, gangguan saraf karena Parkinson pun membuat orang mudah mengalami depresi.

Kamu termasuk orang yang sering mengalami gangguan tersebut? Well, jangan disepelekan. Sebab bisa jadi itu tanda awal dari Parkinson.
sumber: merdeka.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar