6 Pohon Tua Ini Menjadi Saksi Sejarah Umat Manusia Termasuk Saksi Nabi Muhammad SAW

Tahukah kamu, pohon yang jadi saksi kebesaran Nabi Muhammad ternyata masih hidup sampai sekarang? Begitu juga cabang Bodhi, pohon ara tempat sang Buddha mendapatkan wahyu yang masih tersimpan di salah satu hutan Sri Lanka hingga saat ini.

Pohon-pohon yang menjadi saksi bisu sejarah penting umat manusia ini masih bertahan meskipun sudah melalui ratusan hingga ribuan tahun.

1. Pohon Kalayaan - Filipina
Pohon ini diberi nama Kalayaan yang berarti pohon kebebasan. Letaknya di dekat Basilica of Our Lady of Immaculate Conception, Malolos, Bulacan, Filipina. Pohon ini ditanam oleh Jenderal Emilio Aguinaldo pada masa Konvensi Malolos. Kalayaan merupakan saksi penting dalam sejarah Revolusi Filipina. Di sinilah tempat pertemuan para petinggi Katipunan, kelompok revolusioner yang tengah berjuang memerdekakan Filipina dari Spanyol. Mereka mengadakan pertemuan rahasia dan mengatur strategi tepat di bawah pohon ini.

Pohon Kalayaan

Sekarang di bawah Kalayaan ditempatkan sejumlah patung yang menggambarkan perundingan anggota-anggota Katipunan. Sosok yang terlihat di sana antara lain Gregorio del Pilar, Jenderal Isidoro Torres, Don Pablo Tecson, Padre Mariano Sevilla, dan Dona Basilia Tantoco, salah satu pejuang kemerdekaan wanita Filipina.

2. Pohon Sahabi - Yordania
Pohon yang pernah menyaksikan kebesaran Nabi Muhammad SAW sebelum diangkat menjadi rasul ternyata masih hidup hingga saat ini. Pohon sahabi (pohon yang terberkati) ini tumbuh subur di bagian utara padang pasir Yordania.

Untuk Lengkapnya baca artikel ini: Pohon Pelindung Rasulullah

3. Jaya Sri Maha Bodhi - Sri Lanka
Jaya Sri Maha Bodhi adalah pohon ara keramat yang berada di Anuradhapura, Sri Lanka. Pohon tersebut dipercaya sebagai cabang pohon Sri Maha Bodhi yang ada di Bodh Gaya. Seperti diketahui bersama, Siddharta Gautama sang Buddha mendapatkan pencerahan ketika duduk di bawah pohon tersebut.

Jaya Sri Maha Bodhi

Lokasi tempat pohon ini berada dianggap sebagai salah satu situs sejarah paling penting di Sri Lanka. Setiap tahun, tempat ini menjadi tujuan ziarah populer bagi umat Buddha dari seluruh dunia.

Jaya Sri Maha Bodhi terlindung oleh pepohonan ara yang melingkupinya. Pada tahun 2014, pemerintah Sri Lanka melarang pembangunan dalam radius 500 meter dari situs Jaya Sri Maha Bodhi.

4. Caesarsboom - Belgia
Caesarsboom atau pohon Caesar adalah pohon tua yang diyakini sebagai bagian dari sejarah kejayaan Julius Caesar. Pohon yew (Taxus baccata) ini tumbuh di Lo, Vlaanderen, Belgia. Konon Caesar sempat berteduh dan mengikatkan kudanya di Caesarsboom dalam upaya penaklukannya atas Belgia.

Caesarsboom

Sebuah sumber membuktikan kebenaran sejarah Caesarsboom. Dalam sumber literatur tersebut tertulis kalau Caesarsboom tumbuh di dekat sebuah bangunan dengan ciri-ciri yang sama persis dengan rumah di samping Caesarsboom pada abad 15. Namun sumber lain menyebutkan kalau rute yang dilalui Caesar pada saat penaklukan Belgia tidak melalui kota Lo.

Tak diketahui berapa usia pasti Caesarsboom. Menurut perkiraan, pohon itu sudah berumur 2000 tahun. Sekarang pohon ini diabadikan sebagai monumen nasional Belgia.

5. Pohon Chankiri - Kamboja
Chankiri, nama pohon ini berarti pohon pembunuhan. Nama yang terdengar menyeramkan ini berkaitan dengan periode terkelam dalam sejarah Kamboja. Pohon Chankiri adalah bagian dari Ladang Pembantaian Khmer Merah. Situs ini digunakan oleh pasukan Khmer Merah untuk membantai warga sipil yang dianggap berkhianat terhadap rezim Khmer Merah.

Pohon Chankiri

Pada masa itu, Khmer merah melakukan pembantaian besar-besaran. Warga yang dianggap bersalah disiksa sampai terpaksa mengaku, kemudian dibunuh dengan hantaman palu. Anak-anak mereka yang masih kecil juga ikut dihabisi. Kepala mereka dihantamkan ke Pohon Chankiri keras-keras hingga tewas. Tujuannya adalah agar kelak mereka tak bisa menuntut balas atas kematian orang tua mereka.

Sekarang Pohon Chankiri dan seluruh situs Ladang Pembantaian diabadikan sebagai monumen bersejarah untuk mengingatkan dunia atas kebrutalan rezim Khmer Merah dan sebagai penghormatan kepada para korban.

6. Chene Chapelle - Prancis
Chene Chapelle adalah sebuah pohon ek legendaris yang ada di Allouville, Prancis. Pohon ini diperkirakan berusia 800 sampai 1200 tahun. Pohon ini sudah ratusan tahun mati karena tersambar petir. Namun rongga di dalamnya telah disulap menjadi dua kapel pada tahun 1669. Sampai sekarang kapel tersebut masih difungsikan.

Chene Chapelle

Menurut legenda setempat, William Sang Penakluk sempat berteduh di bawah pohon ini dalam salah satu ekspedisinya. Selama masa Revolusi Prancis, pohon ini menjadi lambang dari sistem pemerintahan tiran yang dikendalikan oleh kerajaan dan gereja. Warga Prancis sempat hendak membakar pohon ini pada saat pemberontakan. Namun sampai saat ini Chene Chapelle masih tegak berdiri.

Yah itulah tadi beberapa pohon bersejarah yang menjadi saksi dari peristiwa-peristiwa yang bersejarah bagi manusia.
sumber: wajibbaca.com
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar