Wahai Orang Tua Waspadai Bila Anak Anda Duduk Dengan Posisi Huruf W Karena Efek dan Bahayanya

Saat lelah berdiri atau setelah beraktifitas kita biasa duduk untuk mengistirahatkan badan kita. Banyak posisi duduk yang setiap orang lakukan, mulai dari duduk selonjor, telentang, atau duduk lesehan. Lain halnya dengan anak – anak, mereka duduk terutama bagi anak yang masih belum bisa berdiri. Posisi duduk anak-anak berbeda dengan orang dewasa, terutama yang masih belum bisa berdiri.

Posisi duduk anak sangat mempengaruhi kesehatan bagi si anak tersebut, nah untuk para orang tua wajib tahu posisi duduk yang seperti apa yang baik dan yang buruk bagi kesehatan sang buah hati. Kali ini, kita akan membahas posisi duduk anak yang membentuk huruf ‘W’.  Tahukah kamu, bahwa posisi duduk seperti ini bisa memberitahu masalah kesehatan si anak.

Bahaya Duduk Posisi W

Jika kamu menemui anak yang duduk dengan posisi ini atau bahkan anak kamu sendiri sebaiknya kamu perhatikan kesehatan mereka. Karena banyak masalah kesehatan terkait yang perlu lebih di perhatikan untuk kondisi seperti ini. Kita lihat yuk masalah kesehatan apa saja yang ditimbulkan terkait dengan posisi duduk berbentuk W.

Walaupun menurut si anak posisi duduk seperti ini nyaman, ternyata juga membebani pinggul, lutut, dan pergelangan kaki loh. Posisi duduk seperti ini juga berefek berbahaya pada system lain dari tubuh.

Dampak Duduk Posisi W

Posisi duduk W juga tidak mengaktifkan otot perut penyangga stabilitas, yang berfungsi untuk memperkuat dan menyokong hampir setiap aktivitas yang kita lakukan.

Jadi, agar otot punggung dan perut anak anda kuat, sebaiknya hindari posisi duduk seperti ini. Tidak hanya itu, posisi duduk W juga mencegah si anak melakukan aktifitasnya. Seperti menghambat gerakan saat melakukan rotasi dan menghambat pergerakan otot tubuh dibagian atas. Itu semua terjadi dikarenakan tubuh anak dalam posisi wenak, yang mengorbankan fleksibiltas tubuh anak.

Jadi, efek dikemudian hari akan menimbulkan si anak mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas, yang memerlukan penyeimbangan berat badan. Karena posisi duduk W memberikan tekanan berlebihan pada tulang dan otot. Itu akan menyebabkan pengetatan otot-otot sekitar pinggul, lutut dan pergelangan kaki dan juga bisa menimbulkan nyeri kaki dan punggung.

Efek duduk Posisi W ini tidak hanya berefek pada anak anak saja loh, tapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Nah,  jangan biarkan teman, saudara dan anak kamu agar terhindar dari efek duduk posisi ini. Lebih baik duduk dengan posisi lain seperti bersila, bersimpuh atau berselonjor saja. semoga bermanfaat.
sumber ;wajibbaca
Artikel bermanfaat lainnya:

Facebook CommentsShowHide

0 komentar