Berikut Ini 10 Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui Setiap Wanita

Beberapa wanita mungkin punya pengalaman tersendiri saat terjadinya proses awal kehamilan. Bahkan, sebagian di antaranya mungkin mengaku bahwa ia tidak sadar jika sedang hamil dan baru mengetahuinya setelah usia kandungan telah berjalan beberapa bulan. Sebagian yang lain juga baru menyadari ketika terjadinya pendarahan yang mengakibatkan keguguran lantaran tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil.

Memang, tanda-tanda awal kehamilan biasanya berbeda-beda antara wanita satu dan lainnya. Belum tentu gejala mual-mual (morning sickness) adalah tanda bahwa seorang wanita sedang hamil. Namun ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang harus disadari, sehingga calon ibu dapat lebih menjaga kesehatan dan kondisi tubuhnya agar terhindar dari resiko keguguran saat hamil muda.

Tanda Awal Kehamilan

Bagi setiap pasangan menikah, kehamilan adalah saat paling ditunggu-tunggu. Saking ditunggunya, sehingga tidak ingin ketinggalan setiap momennya. Pada akhirnya setiap pasangan pun mencari tahu, seperti apa tanda-tanda awal kehamilan atau bagaimana ciri-ciri wanita hamil muda?

Berikut 10 tanda awal kehamilan yang penting untuk diketahui oleh setiap wanita yang kami kutip dari situs asuhanak.com :

Perubahan pada payudara
Salah satu tanda awal kehamilan adalah payudara membesar, payudara  menjadi lebih sensitif sehingga jika disentuh akan terasa sakit dan nyeri. Area puting susu akan membesar dan warnanya menjadi lebih gelap. Hal diatas terjadi akibat perubahan hormonal pada ibu hamil, payudara sedang mempersiapkan produksi ASI untuk buah hati anda nanti.

Mual dan muntah (morning sickness)
Sebagian besar wanita hamil merasakan hal ini pada awal kehamilan mereka. Peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba adalah penyebab rasa mual ini. Mual-mual ini pada beberapa wanita terjadi tidak hanya di pagi hari, bisa pada menjelang maghrib atau pada siang hari. Hal seperti ini akan sering dirasakan pada usia kehamilan antara 2-8 minggu.

Sering buang air kecil/kencing
Hal ini disebabkan janin yang tumbuh menekan kandung kemih sehingga terasa ingin buang air kecil. Selain itu peningkatan hormon kehamilan juga menjadi penyebab sering buang air kecil. Sebaiknya perbanyak asupan cairan bagi tubuh, jangan sampai dehidrasi.

Mudah lelah
Di awal kehamilan, anda akan merasa mudah lelah. Rasanya ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Peningkatan hormon progesteron juga sering dihubungkan dengan rasa mudah lelah ini. Anda menjadi mudah lelah bisa juga karena peningkatan kinerja organ-organ tubuh, seperti ginjal, paru, jantung, yang bekerja tidak untuk ibu saja tapi untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Munculnya bercak darah (flek)
Salah satu tanda awal kehamilan adalah munculnya bercak darah sebagai pertanda telah terjadi ovulasi (pembuahan). Bercak darah ini juga disebabkan oleh proses implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

Gejala PMS
Biasanya calon ibu akan merasakan gejala seperti akan haid. Kram perut, payudara kencang dan nyeri, pinggang terasa pegal, nafsu makan meningkat, dsb. Tapi mengapa belum haid juga ya? Bagi anda yang memiliki siklus haid teratur, telat haid bisa menjadi salah satu indikasi kehamilan.

Sembelit
Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

Sering meludah ( hipersalivasi )
Tanda kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua.

Sensitif Pada Bau Dan Makanan
Tiba-tiba tidak mau dengan makanan tertentu, padahal biasanya suka dengan makanan itu. Menolak makanan ini lebih karena sensitifitas penciuman yang meningkat, sering menyebabkan mual dan muntah. Sebaliknya, tiba-tiba menyukai makanan yang bukan makanan favorit.

Test pack: POSITIF!
Untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan atau test pack. Jika anda sudah melakukan tes kehamilan dan hasilnya positif, silahkan langsung periksakan ke dokter kandungan untuk dilihat lebih detail melalui USG

Itulah beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang biasa terjadi pada seorang wanita. Semoga dengan mengetahui tanda-tanda awal kehamilan ini, para calon ibu dapat lebih menjaga kandungannya, sehingga dapat mencegah resiko keguguran yang umumnya terjadi saat hamil muda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita, khususnya bagi para calon ibu.

Artikel bermanfaat lainnya:
Facebook CommentsShowHide

0 komentar